DON HASMAN : ‘ AKTIF, KREATIF, PRODUKTIF ‘

Don Hasman

Siapa yang tidak kenal dengan sosok sederhana, bersahaja, rendah hati namun penuh prestasi yang sangat membanggakan didalam maupun diluar negeri. Beliau adalah Don Hasman, seorang fotografer Indonesia yang telah mendunia, terbukti dengan penghargaan ‘100 Famous Photographers in The World’ yang diberikan pemerintah Perancis pada tahun 2000. (untuk mengetahui lebih banyak silahkan kunjungi personal web beliau disini)

Minggu sore (19/10) Don Hasman masuk bersama kawannya ke gerbong commuter line arah Bogor – Jakarta, dan persis disebelah kanan saya beliau berdiri. Kemudian saya menyapanya “om Don !…”, lalu beliau menjawab dengan penuh ramah “hey, apakabar… ?”. Setelah itu barulah saya bertanya beberapa hal meski dalam waktu yang sangat singkat, karena om Don dari arah Depok akan turun di stasiun Duren Kalibata mengantar rekannya.

Diantara hal yang saya tanyakan adalah aktifitas beliau dalam waktu dekat ini. Beliau mengatakan bahwa akan kembali ke pedalaman suku Baduy Dalam pada bulan November mendatang. Seperti diketahui, Don Hasman adalah seorang yang sangat diterima oleh masyarakat Baduy Dalam khususnya memotret kehidupan mereka yang sangat protektif terhadap keaslian adat istiadatnya.

Diusianya yang bulan Oktober ini menginjak 74 tahun, Don Hasman ternyata masih memiliki aktifitas yang tidak sedikit. Mulai dengan mengisi workshop-workshop fotografi, mengajar bahkan beliau akan kembali menaklukkan Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat.

Sekedar bocoran, alasan Don Hasman kesana adalah untuk mengumpulkan materi dari buku fotografinya tentang Gunung Tambora yang tahun depan diperingati 200 tahun meletusnya. Materi-materinya telah beliau siapkan sejak 8 tahun yang lalu yang meliputi vulkanologi, antropologi, sosiologi dsb. Kalau tidak ada halangan bulan April 2015 akan diluncurkan.

Satu hal yang penting disampaikan oleh beliau, meski sudah lanjut usia sampai kapan pun kita harus AKTIF, KREATIF ,PRODUKTIF.

Akhirnya, dengan perjumpaan singkat ini saya berterima kasih kepada om Don Hasman yang telah memberikan inspirasi dan merelakan sedikit waktunya untuk berdiskusi sambil bergelayutan tangan di commuter line.

Epilog

Commuter Line tiba di stasiun Duren Kalibata dan pintu gerbong terbuka, “aku turun duluan ya !…” pamit beliau kepada saya.

Jakarta, 19 Oktober 2014

4 thoughts on “DON HASMAN : ‘ AKTIF, KREATIF, PRODUKTIF ‘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s