Pulau Pasaran Sentra Ikan Teri di Lampung

Terik menyengat di sebuah pulau kecil yang letaknya sekitar 1 km dari pusat kota Bandar Lampung. Pulau tersebut bernama Pulau Pasaran yang merupakan sentra ikan teri terbesar di Provinsi Lampung.

Marta atau akrab disapa dengan Abata (70) asal Cirebon, melakukan rutinitas kesehariannya memilah sambil menanti mengeringnya hamparan ikan teri hasil tangkapan nelayan yang dikirimkan kepadanya setiap pagi untuk dikeringkan dan kemudian dikemas untuk dipasarkan.

Abata bersama sembilan belas rekannya kali pertama menginjakkan kaki dipulau ini pada tahun 1968, dengan berprofesi sebagai perajin ikan teri. Mereka memperluas wilayah pulau tersebut yang semula 3 hektar menjadi 15 hektar dengan menumpukkan batu karang. Dari 20 orang termasuk Abata pada waktu itu, saat ini jumlah penduduknya telah mencapai 260 kepala keluarga yang diantaranya masih memiliki hubungan kerabat.

“Kalau lagi sepi seperti sekarang hanya 1-2 kuintal/hari tangkapannya, tapi kalau lagi musimnya bisa mencapai 1 ton/hari”, ungkap Abata.

Ikan teri tersebut dijual dengan harga 65 ribu/kg ke agen-agen besar kesebagian wilayah Sumatra, Jakarta, Jabodetabek dan Bandung. Bahkan merk ikan teri medan yang sudah sangat tenar dipasaran ternyata berasal dari tangkapan nelayan Pulau Pasaran.

Meski buta huruf, sosok Abata yang merupakan sesepuh di pulau tersebut merupakan ketua dari SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia), cabang Pulau Pasaran, Teluk Betung Barat, Bandar Lampung.  (Foto & teks : Hafiez Achmad)

Marta atau akrab disapa Abata.
Marta atau akrab disapa Abata, berprofesi sebagai pengolah ikan teri di Pulau Pasaran
Abata memilah ikan teri yang berwarna putih yang merupaka kualitas terbaik
Abata memilah ikan teri yang berwarna putih yang merupakan kualitas terbaik
Ikan Teri yang merupakan komoditas utama Pulau Pasaran
Ikan teri  merupakan komoditas utama Pulau Pasaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s